Pasta with Creamy Broccoli Sauce

Broccoli

Salah satu jenis sayur yang kaya akan provitamin A/karotenoid, vitamin E, asam folat dan vitamin C. Selain mengandung banyak vitamin, brokoli juga mengandung beragam mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Zat lain yang terkandung di dalam brokoli adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene, dan genestein. Brokoli juga mengandung nutrisi, fivonoid dan serat yang bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Dengan mengkonsumsi brokoli dalam jangka panjang, seseorang bisa mengurangi penurunan kadar acetylcholine di sistem saraf pusatnya. Artinya, brokoli juga dapat menjadi makanan alternatif bagi orang-orang yang tidak ingin pikun pada masa tuanya. Kandungan vitamin C pada brokoli jumlahnya juga lebih banyak daripada jeruk. Bahkan, kandungan kalsium brokoli juga lebih besar dibandingkan dengan segelas susu. Brokoli juga mengandung lebih banyak serat daripada sepotong roti gandum.

Bila Anda tak terlalu suka mengonsumsi langsung, Anda bisa memilih untuk merebus terlebih dahulu. Namun perlu diperhatikan, sebaiknya Anda tak mengukus atau merebus brokoli lebih dari 5 menit 1 inchi di atas air mendidih. Karena kandungan sulforaphane bisa hilang bila brokoli terlalu lama dimasak. Dan perlu diketahui, kandungan sulforaphane dalam brokoli segar lebih tinggi dibanding pada brokoli yang direbus atau kukus terlalu matang.

Bila ingin mencuci brokoli, sebaiknya Anda lakukan dengan mencucinya pada air kran yang dingin. Dan sebaiknya Anda jangan merendam brokoli karena zat aktif maupun nutrisinya dapat larut dalam air.
Sumber: http://doktersehat.com/khasiat-brokoli-bagi-tubuh/#ixzz22OMCiURY

Ada orang-orang tertentu yang tidak suka makan brokoli mentah, termasuk saya. So, mari buat menu yang sederhana tapi enak, kaya rasa tapi ga kehilangan vitamin dan khasiatnya.

Pasta with Creamy Broccoli Sauce

Bahan:

  • pasta
  • broccoli
  • susu cair
  • creme sauce
  • air
  • bawang bombay, iris
  • cuka putih
  • ayam dada fillet, potong kotak-kotak

Cara membuat:

1. Didihkan air di panci, tambahkan sedikit minyak (agar pasta tidak lengket), rebus pasta (10-15 menit) kemudian tiriskan.

2. Didihkan air dan bawang bombay (di panci yang terpisah), tambahkan sedikit cuka putih, kemudian masukkan broccoli (yang sudah dicuci bersih dan sipotong agak kecil). Masak sekitar 3-4 menit kemudian tiriskan

3. Masukkan broccoli & bawang bombay yang sudah direbus ke dalam blender, tambahkan air matang secukupnya (sesuai selera, lebih suka kental atau encer) ,blender hingga cukup halus.

4. Di panci yang terpisah, masak air (200 ml), kemudian masukkan broccoli yang sudah diblender. Kemudian tambahkan creme sauce dan susu (kekentalan sesuai selera masing-masing).

Porsi: 1-2 orang

Tinggalkan komentar